WAJAH BARU MUSEUM KERETA API INDONESIA AMBARAWA



Episode kali ini Djawani berkesempatan menjelajah kota Ambarawa gaes.Kota yang dulunya Ibukota kabupaten Semarang sebelum pindah ke Ungaran,kota yang banyak akan peristiwa sejarah.


Djawani akan menjelajah salah satu tempat wisata di Ambarawa.Ya museum kereta api Indonesia.Museum tersebut terletak di pusat kota Ambarawa.Dari Yogyakarta cukup mudah untuk rute perjalanannya.

Kalian bisa baca : SEMARANG part 1 : LITTLE AMSTERDAM


bekas stasiun Willem1 berubah menjadi museum

Museum kereta api Indonesia dulunya adalah stasiun Willem 1 yang dialih fungsikan menjadi museum.Setelah lebih dari tiga tahun ditutup untuk renovasi akhirnya museum kereta api Indonesia tampil dengan wajah baru.Penataan museum sekarang lebih rapi nampak modern.Meskipun tidak meninggalkan heritage-nya
wajah baru museum kereta api Ambarawa


sudut museum kereta api Ambarawa

Memasuki museum kalian akan melewati lorong dimana sisi kanannya bercerita awal mula sejarah perkereta apian di Indonesia.Disisi kiri kalian bisa melihat koleksi lokomotif-lokomotif tua beserta informasinya.Lanjut ke bangunan lain yaitu bekas stasiun kalian akan melihat kemegahan arsitektur stasiun Willem 1,arsitektur khas bangunan eropa tempo dulu.Disini kalian akan merasakan sensasi kembali ke masa lalu ketika lokomotif- lokomotif tua ini masih berjaya gaes.Di museum ini kalian juga bisa melihat koleksi benda-benda antik tentang perkereta apian.Sekedar info bangunan ini sering lho buat syuting film-film Indonesia.
bekas loket tiket era kolonial

salah satu koleksi museum

bekas ruang tunggu penumpang gaes

Dan yang bikin bangga ternyata museum kereta api Indonesia mempunyai koleksi lokomotif bergerigi hanya ada tiga di dunia,salah satunya di Indonesia.hebatnya lagi gaes lokomotif tersebut masih layak jalan.Mantap jiwa.
Oh ya di museum ini juga disediakan paket tour kereta api wisata,tapi hanya beroperasi di hari minggu dan libur nasional.

koleksi lokomototif tua museum

berasa didunia Thomas and Friends gaes :D

saksi sejarah 

sudut luar museum kereta api

Untuk kalian yang suka akan sejarah,museum ini bisa dijadikan referensi untuk mengenal seluk beluk sejarah kereta api di Indonesia.Untuk para Railfans wajib gaes berkunjung kesini :)

Foto / Text : Djawani

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Icip-Icip Bakso Cak Athok Purworejo

Rescue Reptile Borobudur, Tempat Mengenal Lebih Dekat Hewan Reptil