JEMBATAN PLENGKUNG PITU JEMBATAN UNIK DI LERENG MENOREH


Desa Menoreh sebuah Desa di kaki Pegunungan Menoreh bagian barat.Secara administratif berada di kecamatan Salaman kabupaten Magelang Propinsi Jawa Tengah .Berada di sebelah barat candi Borobudur.Desa Menoreh mempunyai lanskap dari pegunungan Menoreh,persawahan yang apik.Kali Kluban yang membelah sisi timur desa dan kali Caren yang membelah sisi barat desa tersebut.

                                

Oh ya Desa menoreh sarat akan histori gaes.Menjadi saksi bisu bergejolaknya perang Diponegoro di Magelang.Di Desa ini juga ditemukan batu - batu reuntuhan candi.Kalian sudah baca sega endhog Mbah Jumeno yang welldug atau mie ayam Pak Sugeng yang mantap?Di Desa ini tempatnya gaes.Cukup ya untuk info Desanya hehehe.Di desa Menoreh ada salah satu jembatan yang unik gaes.Ikuti petualangan kami ya gaes.



Yup Jembatan Plengkung Pitu.Dinamakan plengkung pitu karena jembatan tersebut ada tujuh (pitu) lengkungan.Jembatan peninggalan Belanda tersebut dibangun pada tahun 1920 bersamaan dengan dibuatnya saluran irigasi dari kali Tangsi.Sebenarnya jembatan tersebut adalah talang dari saluran irigasi.keunikan dari jembatan Plengkung Pitu adalah sebuah saluran air dari irigasi yang melintas diatas kali Kluban bisa dikatakan saluran air yang berada di atas sungai.






Jembatan plengkung pitu menghubungkan dusun Kempul dan dusun Beteng , dan masih digunakan masyarakat untuk menyeberangi sungai Kluban.Karena jembatan ini sebuah saluran irigasi,jadi lebar jembatan kecil gaes , hanya kendaraan roda dua yg dapat melintasi.




Pemandangan dari jembatan ini sangat menawan gaes.Dari sisi selatan deretan Pegunungan Menoreh.Puncak Suroloyo,Gunung Kunir,Gunung Banyak Angkrem bisa dilihat dari sini.Disekitaran jembatan Plengkung, ada hamparan persawahan yang indah dipinggir kali kluban.







Desa Menoreh bisa kalian kunjungi jika ingin menikmati sebuah Desa di kaki pegunungan Menoreh.yang kaya akan sejarah dan alam indahnya.

Foto/Text : Djawani














Komentar

Postingan populer dari blog ini

Icip-Icip Bakso Cak Athok Purworejo

Rescue Reptile Borobudur, Tempat Mengenal Lebih Dekat Hewan Reptil