CANDI GEDONG SONGO CANDI UNIK DI LERENG GUNUNG UNGARAN

Candi Gedong Songo sebuah Candi Hindu yang terletak di lereng Gunung Ungaran.Letak candi ini sangat unik gaes yaitu lokasinya menyebar dan berada di lereng gunung .Tidak seperti kebanyakan candi di Indonesia, yang area candinya berpusat menjadi satu seperti Candi Prambanan atau Candi di Dieng.Meskipun nama Candi itu Gedong Songo (sembilan),tapi ketika kami hitung candi ini hanya ada lima buah gaes kenapa dinamakan Gedong Songo bukan Gedong Limo (lima) mungkin masih menjadi misteri hehehe.



Candi Gedong Songo terletak di Desa Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Jawa Tengah.Akses menuju lokasi sangat mudah dijangkau gaes.Kalian akan melewati wisata Bandungan yang kesohor itu.


                                            
Untuk menuju ke lokasi candi kalian bisa berjalan dengan menyusuri jalan setapak yang tertata rapi atau kalian bisa sewa kuda.Saran kami lebih asik berjalan kaki karena bisa menikmati pemandangan alam lereng gunung Ungaran dan tentunya lebih irit gaes hehehe.perlu dperhatikan gaes stamina juga penting , mengingat konturnya yang menanjak.
Akses menuju ke Candi


Bentuk candi Gedong Songo kecil dan ramping ciri khas bangunan Candi Hindu (menurut pengamatan kami).Bentuknya mengingatkan kami akan candi yang ada di Dieng.
Ketika kami datang cuaca sangat cerah gaes , beruntung kami bisa melihat Gunung Merbabu dan pemandangan Semarang dari atas.Gunung Ungaran yang membelakangi Candi Gedong Songo terlihat jelas.Hamparan hutan pinus sangat apik ketika kami berada diatas candi.Oh ya ketika kami menuruni candi kami mendapati kawah yang masih aktif.kawah gedong songo ini kecil gaes tidak sebesar kawah yang ada di Dieng.
Bentuk Candi mirip dengan Candi di Dieng
Pemandangan Candi Gedong Songo dengan background Gunung
Salah satu Candi Gedong Songo
Ini candi yang paling tinggi lokasinya gaes
Kawah  Gedong Songo
Pemandangan dari atas candi

Puas menjelajalah candi songo kalian bisa menikmati hidangan sate kelinci yang ada di sini sembari melepas penat setelah menjelajah candi gedong songo

Foto & Teks : Djawani

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Icip-Icip Bakso Cak Athok Purworejo

Rescue Reptile Borobudur, Tempat Mengenal Lebih Dekat Hewan Reptil

PANTAI MENGANTI, JEMBATAN MERAH YANG JADI ANDALAN